Safety: Sakitnya Tuh Disini…..


Ini masuk kategori #safetweet agak tidak lazim saya tulis di blog. Tapi khusus ini saya tulis :)‎

Pada perbicangan sore ini, saya mendapat cerita tentang kepala cabang di wilayah Indonesia Timur, yang saya kenal akrab. Saya biasa memanggil beliau “bang” dan saya dipanggil “mas” oleh beliau. Kami, dulu, pernah satu cabang di Papua.
Jadi ceritanya begini:

Pada suatu waktu, abang kepala cabang ini marah. Karena dia tidak dilibatkan dalam penyelidikan kecelakaan. Dia tahu, dia punya akuntabilitas dalam memastikan keselamatan karyawannya di cabang itu, meski kecelakaannya ‘hanya’ menyebabkan si karyawan luka ringan. Yang secara prosedur memang pada jabatan dia, dia cukup informed bukan responsible.

“Saya tahu, dia paling memang lukanya segitu, sakitnya segitu” kata abang kepala cabang ini marah.‎
“Tapi saya! Sakitnya tuh disini!” sambil nunjuk jantung dan kepalanya.

Ya, abang kepala cabang tahu benar. Dia bisa jantungan saat mendengar laporan atau tahu karyawannya terluka. Karena dia tidak pernah bermimpi tentang celaka. Dan dia dijamin pusing saat menyerahkan laporan penyelidikan kecelakaan ke saya.
Biasanya dari saya tidak akan sederhana, pertanyaan dan tindak lanjutnya bisa panjang dan lebar. Dan untuk alasan itu, si abang kepala cabang ini sakit kepala😀

Maka pantas jika abang kepala cabang ini bilang, “kamu sakitnya disitu, saya tuh sakitnya disini!” sambil nunjuk jantung dan kepalanya😀

Nah, jika karyawan, anak buah, rekan kerja, atasan anda mengalami kecelakaan kerja, anda sakitnya dimana?😀

*terima kasih abang telah ‘memelihara’ karyawan di cabang abang :)‎

Posted from WordPress for Windows Phone

About ihdaihda

a husband, a father, SHE practitioner (OHSAS, NOSA, EMS), SHE trainer & consultant, hobi di applied psychology, financial planning, sharing, life enlightening. alumni Hiperkes UNS dan saya aseli Kudus :)

Posted on November 12, 2014, in kisah and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

