Hidup itu Tidak Sendirian


Ini cerita hari Sabtu, 18 Januari, kemarin:
Saya baru pulang dari lokasi banjir sebuah komplek perumahan tetangga, sekitar jam 14an WIB. Dan saya disambut si abang yang cemberut.
Ya si abang marah karena saya tidak menepati janji saya. Mustinya tadi pagi mengajaknya ke kantor saya, lalu ke mal di bilangan Jakarta Selatan.
Namun saya justru keluar rumah sejak jam 07 WIB, setelah ngaji dari habis subuh. Ya, dari jam 07 saya di lokasi banjir di komplek sebelah untuk menjadi relawan.

Kembali ke si abang, ngambegnya karena saya tidak menepati janji. Saya minta maaf dan si abang masih ngambeg.
Saya tinggal mandi, setelah berbasah kuyup berjalan-jalan mengantar makanan dengan tinggi air sebahu saya. Percuma juga saya ngobrol, lebih baik saya diamkan dulu.

Kemudian abang saya panggil, dan saya cerita tentang bagaikan kondisi banjir. Saya perlihatkan foto rumah yang kebanjiran, warga yang menunggu bantuan karena terjebak banjir, kendaraan yang tidak bisa lewat karena banjir, seorang nenek yang dievakuasi.
Bahkan foto liputan media, seorang anak yang tenggelam dan terseret arus banjir yang sempat saya tangkap dan diangkat dari sungai.

Abang, kata saya, jika rumah kamu banjir seperti ini gimana? Pasti lapar kan? Nah Abi tadi mengantar makanan.
Kamu hidup, bukan cuma untuk kamu doang, kamu hidup harus juga melihat orang lain. Karena kita tidak sendirian.
Abi minta maaf, ini yang tadi Abi lakukan.

Entah si abang paham atau tidak, tapi dia tidak lagi ngambeg dan beranjak main dengan adiknya.

Posted from WordPress for Windows Phone

About ihdaihda

a husband, a father, SHE practitioner (OHSAS, NOSA, EMS), SHE trainer & consultant, hobi di applied psychology, financial planning, sharing, life enlightening. alumni Hiperkes UNS dan saya aseli Kudus :)

Posted on Januari 19, 2014, in kisah and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

