Bangun Tidur Kuterus Mandi…..


Masih ingat lagu ini:
Bangun tidur kuterus mandi\Tidak lupa menggosok gigi\
Habis mandi kutolong ibu\Membersihkan tempat tidurku

Nah, mungkin saya termasuk yang tidak berhasil menanamkan lagu ini ke diri saya. Setidaknya di hari libur kerja, saya tidak serta merta mandi setelah bangun. Maklum, saya anggota budayawan pak Prie GS yang juga mempelopori @TelatMandi ,etapi saya juga followernya😀

Namun bahwa lagu ini punya lebih dari sekedar mandi pagi. Saya tadi sore membaca status Koh Ifan, dan persis apa yang dibenak saya. Anggap saja saya menuliskan ulang pikiran Koh Ifan di blog saya🙂

Bahwa kita diajari untuk memantaskan diri untuk membantu orang lain. Ya, memantaskan diri. Disuruh mandi dulu, gosok gigi dulu, baru menolong ibu. Meski hanya merapikan tempat tidur.

Tidak masalah apa pertolongan/bantuan kita orang lain, kita memantaskan diri untuk bisa menolong. Ingat teko air putih, hanya bisa memberikan air putih, bukan teh apalagi kopi. Jika hendak memberikan kopi, pastikan dulu kopinya diseduh di teko.

Jadi, apapun pertolongan/bantuan kita, menggambarkan bagaimana keadaan kita. Jika ingin kemanfaatan kita lebih besar, yuk ‘besar’kan diri kita🙂

Lalu apakah menunggu ‘besar’ untuk bermanfaat besar? Tidak juga sih, sambil mem’besar’kan diri, sambil melatih kemanfaatan kita.
Berani tebar kemanfaatan?

*ssssst, saya nulisnya belum mandi, tapi sudah bermanfaat; lha wong ini nulisnya di pasar sambil antar emaknya anak-anak…..

membantu

membantu

Posted from WordPress for BlackBerry

About ihdaihda

a husband, a father, SHE practitioner (OHSAS, NOSA, EMS), SHE trainer & consultant, hobi di applied psychology, financial planning, sharing, life enlightening. alumni Hiperkes UNS dan saya aseli Kudus :)

Posted on November 23, 2013, in pencerahan and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

