KH Rahmat Abdullah


rahmat abdullah

rahmat abdullah

Betapa banyak energi yang dikeluarkan untuk menghasilkan tenunan yang bagus. Ada unsur intelektual dan ada unsur moral. Tetapi hasil kerja yang melelahkan itu akan segera hancur dalam waktu singkat, karena unsur emosional yang tak terkendali. Jangan beri pekerjaan kepada orang yang usia semngatnya sudah larut senja atau kearifannya terlalu pagi. Kepanikan akan segera menyudahi pekerjaan itu.

Kerja besar harus dihayati dengan ‘hammasatusy syabab fi hikmatisy syuyukh’ (semangat pemuda dalam bingkai kearifan orang tua) dan tidak sebaliknya. Persatuan umat betapa sulit dibangun, namun betapa mudah dihancurkan. Seribu teman belum cukup, satu musuh terlalu banyak.

Memang aneh, lelah menenun berbilang pekan, bahkan bulan, dikoyak dengan begitu mudah, karena urusan nafsu yang tak terkendali.

Dan janganlah kamu seperti seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, menjadi cerai-berai kembali, kamu menjadikan sumpahmu sebagai alat penipu diantaramu, disebabkan adanya satu golongan yang lebih banyak jumlahnya dari golongan yang lain (Q.S An Nahl :92)

About ihdaihda

a husband, a father, SHE practitioner (OHSAS, NOSA, EMS), SHE trainer & consultant, hobi di applied psychology, financial planning, sharing, life enlightening. alumni Hiperkes UNS dan saya aseli Kudus :)

Posted on Maret 27, 2011, in pencerahan and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: