Kata Kita Hari Ini….


Sahabat, pagi ini saya menulis tentang kata. Terinspirasi berita, dan aktifitas saya dan beberapa teman malam hari tadi.
Dalam beberapa kesempatan saya mengatakan kata mempunyai nyawa. Memang sebuah hiperbolik. Namun pengaruh kata tetap saja akan abadi.
Lihatlah apa yang disampaikan Tuhan, bukankah kata. Lihat pula para nabi dan rasul, kata pula yang disampaikan. Dan kata itu menggenerasi dalam rentang kehidupan manusia. Dalam tataran yang lebih kekinian, para pahlawan nasional kita adalah orator ulung. Modalnya adalah kata yang membakar rasa kebangsaan pada waktu itu bahkan sampai sekarang.

Maka kata menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kita. Bagian dari komunikasi verbal adalah kata itu sendiri.

Dan konsep penggunaan kata inilah yang diberdayakan oleh semua mentalis dan terapis. Jika disebutkan semacam Romy Rafael, Uya Kuya, dan banyak lainnya. Lihatlah, betapa mereka menggunakan kata dengan sugestif sehingga mampu mempengaruhi orang lain. Tidak percaya?

Penggunaan kata dibarengi dengan kekuatan pikiran semakin berkembang. Dalam aplikasi marketing, perkembangan terakhir memunculkan hypnoselling.
Contohlah peluncuran Ipad baru-baru ini. Lihatlah beberapa kata kunci yang dilontarkan oleh Steve Jobs saat memberi keynote di acara peluncuran iPad.

Ternyata selama meluncurkan dan mendemokan iPad, Steve Jobs selalu mengulang-ulang kata kunci berupa kata sifat yang bagus-bagus, untuk menanamkan gambaran yang baik atas produk iPad.
Tak kurang, Steve Jobs, menjuluki iPad dengan istilah-istilah: truly magical, wonderful, amazing, pretty amazing, better, far better, bigger, great, incredible, awesome, best, revolutionary product, extraordinary, phenomenal, unbelievable great, gorgeous, super high quality, terrific, nice, exotic, magnificent, dan ambitious. Bahkan, beberapa di antara kata-kata di atas, dilontarkan oleh Steve Jobs secara berulang-ulang.
Tak cuma Steve Jobs, di acara peluncuran itu, SVP iPhone Software Scott Forstall juga dikerahkan untuk menanamkan kata-kata sakti di benak para audiens, yang kurang lebih sama dengan kata-kata yang dilontarkan Steve Jobs untuk iPad: huge, amazing, great, tremendous, great, incredible, dan amazing success.
Sementara SVP Product Marketing Apple Phill Schiller, mengulang-ulang kata excited, amazing, beautiful, remarkable, gorgeous, great. Ditambah lagi testimoni orang-orang tentang iPad, yang menjuluki gadget itu sebagai: most advanced, best, magical, huge, big, gorgeous, phenomenal, amazing, incredibly beautiful, unbelievable, dan unbeatable.

Tak heran bila kemudian, kata-kata yang diulang-ulang tadi secara tak sadar bisa melekat di benak audiens saat memandang iPad, sehingga mereka tak akan segan-segan menggali kocek dalam-dalm untuk membelinya.

Berkembang pula hypnoteaching dan hypnoparenting, sebagai aplikasi untuk murid dan keluarga. Betapa kata sudah menguasai dunia.

Nah, membuktikan penggunaan kata yang tepat diiringi dengan sugesti yang pas akan mendorong pendengarnya untuk mewujudkannya.
Jika demikian, bukankah akan sangat sia-sia jika kita begitu saja mereduksi kata dan menghentikannya hanya sekedar kata. Bayangkan jika kata yang sugestif dan positif tersebut kita berikan untuk diri kita, untuk anak kita, untuk murid kita. Saya yakin akan lebih baik hasilnya daripada sekedar menasihati biasa-biasa saja.

Pertanyaan saya pagi hari ini untuk Sahabat, kata apa yang pertama kali Sahabat ucapkan pada awal pagi ini, untuk menjadikan diri kita, keluarga kita menjadi lebih baik?
Yakinkan setiap kata yang kita ucapkan selalu positif, sugestif dan menjadi pemicu perubahan yang lebih baik.
Maka lihatlah hasilnya….
Ihda Taftazani

About ihdaihda

a husband, a father, SHE practitioner (OHSAS, NOSA, EMS), SHE trainer & consultant, hobi di applied psychology, financial planning, sharing, life enlightening. alumni Hiperkes UNS dan saya aseli Kudus :)

Posted on Februari 6, 2010, in pencerahan and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: