Ramadhanku Kali Ini, Hebat Dan Luar Biasa


Beberapa sahabat menetapkan target-target Ramadhan kali ini dengan sangat super. Tamat membaca Quran, tarawih full, ‘itikaf 10 hari terakhir, baca buku penguat iman 15 judul, infaq tiap hari, shalat fardhu berjamaah selalu, menghafal 5 ayat per hari, selesai membaca tafsir Fi Zilalil Quran, dan yang pasti tidak batal puasa sehari pun. Untuk memastikannya, *Resolusi Ramadhan 1430 H*tersebut di-print untuk ditempel di ruang keluarga. Insya Allah tercapai. Amiin. Sahabat, sudahkah Anda membuatnya?

— Doable is the best vision – Mario Teguh

Nah, saat Anda menghadapi Bulan Ramadhan 1430 H sore ini, apa rencana Anda mewujudkan resolusi Anda. Dalam buku *Dream Manager* karya Matthew Kelly (Sygma Publishing), dikatakan bahwa permasalahan umum yang ditemui adalah bukannya ketidakmampuan menuliskan mimpi, melainkan ketidakjelasan cara-cara mewujudkannya. Kebingungan akibat gap (jarak) yang jauh antara realitas terkini dengan pernyataan impian sering membuat orang menyembunyikan impiannya dan kemudian berhenti bermimpi.

Terkait Resolusi Ramadhan yang belum Anda tuliskan itu, apakah karena ketidakjelasan bentuk jembatan penghubung antara ‘realitas pola ibadah Anda 11 bulan ini’ dengan ‘aktivitas shalih impian’? Jika ini adalah kendalanya, Anda memerlukan bantuan *Manajer Mimpi*. Mengapa? Karena kita memiliki kemampuan yang luar biasa untuk membohongi diri sendiri dengan perilaku mencari-cari alasan dan pembenaran terhadap diri sendiri. Akan tetapi beruntungnya Anda, ternyata secara alamiah dan informal kita semua terpanggil untuk berperan sebagai Manajer Mimpi. Jadi pilihlah teman dekat, pasangan, murabbi, ustadz, guru ngaji, atau … atasan Anda sebagai Manajer Mimpi Anda! It is OK.

Nah sekarang, bersama Manajer Mimpi Anda, susunlah sebuah rencana aktivitas mencapai Resolusi Ramadhan kali ini. Tetapkan tahapan-tahapan realistisnya per pekan. Kemudian, tetapkan pula jadwal evaluasinya, untuk membuat langkah-langkah penyesuaian jika ada kendala tak terpecahkan.

— Sahabat-sahabat terbaik dalam kehidupan.

Selamat menunaikan ibadah ramadhan. Susunlah sebuah Resolusi Ramadhan 1430 H yang spektakuler. Karena tidak ada mispersepsi yang paling berbahaya selain menetapkan target yang rendah dan berhasil mencapainya.

Marhaban Yaa Ramadhan. Mohon maaf lahir dan bathin.

From the note of Syarif Niskala

About ihdaihda

a husband, a father, SHE practitioner (OHSAS, NOSA, EMS), SHE trainer & consultant, hobi di applied psychology, financial planning, sharing, life enlightening. alumni Hiperkes UNS dan saya aseli Kudus :)

Posted on Agustus 30, 2009, in pencerahan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: