Hari Kedua di Tambang Yang Lebih Mengesankan


Hari kedua menjadi hari yang tak terlupakan. Setelah muter-muter di bengkel, yang sampai saya hafal dengan foreman dan luasannya, tibalah saat yang memang saya tunggu. Sebagian alasan saya menerima tugas maraton ini. Saya berangkat untuk juga melihat kapasitas dan kualitas pekerjaan temen-temen di field, temen-temen yang merespon panggilan customer untuk memastikan unit customer berjalan dengan baik. Saya selalu bilang ke yang lain, temen di field service adalah salah satu sudut pilar yang penting. Maka saya berkewajiban untuk memastikan grup leader bener-bener memastikan keberlangsungan temen-temen field service.

Sangat menyenangkan melintasi di jalan tambang, istilah saya haul road, di tambang batubara. Ya, berkendara diantara debu tanah, debu batubara dan haultruck yang mengangkut baik batubara dan overburden. Beberapa merek dan tipe diantaranya baru saya temui disini. Bahkan sebelumnya yang hanya saya lihat di majalah pertambangan. Maka saya pun keranjingan motret haultruck yang sedang berjalan, termasuk saya motret dari mobil yang berjalan pula. Tentunya saya bukan sebagai pengemudi, selain tidak mungkin nyambi motret juga saya tidak mempunyai ijin mengemudi di area tambang tersebut.

Nah dimulailah perburuan itu. Melintasi tanjakan dan kelokan, menuju tempat PM-nya truk, saya bener-bener menikmati area pertambangan ini. Buanyak yang melintas dalam pikiran ini, bahkan ketika menulis ini sambil me-recall ingatan itu tetap saja terlalu banyak kata yang harus diketik dan dituangkan. namun sayang kecepatan tangan mengetik tak sanggup mengimbangi lintasan memori dan luapan keceriaan itu.

Sambil berjalan dalam debu tanah dan batubara, saya dan foreman yang mengantar saya mengobrol apa saja tentang tambang ini. Bagi saya ini pengetahuan baru. Ya pengetahuan bagaimana menambang batubara, spesifikasi haultruck, interaksi dengan customer dan penghuni tambang lainnya. Perkembangan haultruck baru dan seterusnya. Ah saya belagak jadi seperti seorang mekanik plus mining application engineer. Ya, ada kepuasan dan kegembiraan tersendiri tentangnya. Tentang melihat spek dari haultruck dan melihat beberapa merek baru dan kapasitas baru.

Di tempat kumpulnya truk berartikulasi, saya ngobrol dengan foreman field service, menjalankan pekerjaan saya. Tak lupa setelahnya saya melihat berkeliling dan tentu saja motret. Truk artikulasi hilir mudik membuang muatan, ada satu operator sedang menunggu di rumah pondok. Rumah-rumahan kecil yang biasa menjadi tempat istirahat operator. Angin bergerak sepoi, namun matahari cukup terik sampai 30-33 derajat. 600ml botol air minum habis dalam setengah hari, beruntung membawa beberapa botol air minum.
Saya menikmati angin dan teriknya matahari, sesuatu yang jarang saya temukan di pertambangan tempat saya berada, kecuali saya niat jalan diantara tanggul-tanggul pembatas di dataran rendah.

Selepas dari tempat tersebut, saya menuju ke area lain di sisi berseberangan. Sekali lagi, melaju, melintasi perempatan membuat saya sangat terpesona. Sampai-sampai foreman yang mengantar saya, cukup lama berhenti di di beberapa perempatan untuk memberi kesempatan saya motret haultruck yang sedang melintas. Beberapa merek sekaligus.
Sampailah di tempat yang dituju. Dengan gegap gempita saya ngobrol dengan site supervisor yang menggawangi area tersebut. Yang ini lebih menjadi bengkel di customer. Masih dengan hilir mudik alat berat, diantaranya haultruck, kami berjalan dan melihat cara teman mekanik mengerjakan pekerjaannya. Kembali saya melakukan pekerjaan saya. Dan diakhir sesi, masih dengan kamera yang sama kami berfoto berlatas bukit dan hilir mudik haultruck🙂 Maklum, lagi kumat narsisnya.

Tak terasa sudah sore, saya kembali ke kantor, return to base. Exciting! Maka saya sangat menyukai perjalanan hari kedua saya. Tidak banyak hal yang menjadi temuan negatif, bahkan semuanya menjadi temuan sangat positif dan bisa menjadi oleh-oleh untuk benchmark di cabang lainnya. Saya sangat terkesan dengan temen-temen field service yang suangat paham dengan pekerjaannya. Saya menemukan keramahan khas yang selalu saya temui di setiap cabang yang saya kunjungi. Dan saya selalu menemukan para jagoan mekanik, foreman dan supervisor di tempatnya.

Ya, saya banyak belajar dari mereka semua. Perjalanan hari kedua ini memberikan arti tersendiri buat saya. Banyak hal yang lebih luas daripada apa yang saya ketahui. Maka saya akan sangat yakin agenda hari ketiga menjadi begitu lebih menyenangkan. Tunggu saja tanggal mainnya.

About ihdaihda

a husband, a father, SHE practitioner (OHSAS, NOSA, EMS), SHE trainer & consultant, hobi di applied psychology, financial planning, sharing, life enlightening. alumni Hiperkes UNS dan saya aseli Kudus :)

Posted on Agustus 15, 2009, in kisah and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

